Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Tingkatkan Ekspor Jadi PR Indonesia 5 Tahun Lagi

Ekonomi ekspor
Eko Nordiansyah • 17 April 2019 17:10
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan ekspor menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Indonesia dalam lima tahun ke depan. Menurut dia ekspor harus diperhatikan pemerintah mengingat perkembangan kondisi global.
 
"Yang lebih mendesak sekarang ekspor," kata Darmin ditemui usai mencoblos di TPS 20, Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu, 17 April 2019.
 
Dirinya menambahkan kondisi di Indonesia tak lepas dari perkembangan kondisi global. Terlebih dalam lima tahun ke depan, kondisi dunia masih akan terpengaruh oleh kebijakan yang diambil negara maju dalam beberapa tahun terakhir ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Darmin apa yang sudah disiapkan pemerintah dua hingga tiga tahun ke depan ternyata tidak bisa mengantisipasi kondisi sekarang ini. Apalagi baru-baru ini kesepakatan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok juga belum menemui hasil yang positif.
 
"Sekarang tadinya Amerika, terutama Donald Trump optimistis bahwa dia pasti menang perang dagang sekarang semuanya kena ya kan. sekarang semuanya kena, melambat, ekonomi dunia sedang melambat," jelas dia.
 
Selain itu, kondisi negara tujuan ekspor Indonesia seperti AS, Tiongkok, Jepang, dan Eropa juga tengah mengalami perlambatan. Oleh karena itu, pemerintah diharuskan bisa merespon dengan cepat perkembangan global yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.
 
"Nah kita harus menghadapi dadakan itu juga. Dadakan itu ya artinya bagaimana caranya supaya ekspor kita ke neraca dagang kita bisa dipertahankan positif, karena kalau enggak, kita akan dianggap berisiko," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif