Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. Dok:Kemenperin.
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. Dok:Kemenperin.

Industri Digital Punya Potensi Ekonomi USD150 Miliar

Ekonomi ekonomi digital fintech
Nia Deviyana • 13 Desember 2018 17:40
Jakarta: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD150 miliar jika bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi. Airlangga berharap industri kecil dan menengah turut aktif bermain di sektor ini.

"Kementerian ingin agar ini lebih dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil nasional, atau industri kecil menengah," ujar Airlangga dalam pembukaan Semarak Festival IKM di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018.

Airlangga optimistis hal itu bisa terwujud, apalagi Indonesia memiliki bonus demografi di mana rasio populasi angkatan kerja meningkat dibandingkan non-angkatan kerja.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kita butuh sekitar 17 juta pekerja yang bergerak di sektor industri manufaktur dan jasa untuk mendorong sektor digital. Kalau bonus demografi bisa dimanfaatkan dengan baik, bisa kasih tambahan kontribusi 1-2 persen untuk pertumbuhan ekonomi," tambah dia. Pada kesempatan yang sama, Airlangga memaparkan pentingnya peran industri digital seperti startup dalam membawa Indonesia lebih cepat menuju revolusi industri 4.0. Selain itu, industri digital juga dapat dimanfaatkan pelaku ekonomi kecil menengah dan pemangku kepentingan untuk dapat belajar mengenai materi-materi seputar pengembangan produk dengan lebih mudah.

"Startup yang sudah ada diharapkan dapat memberi solusi bagi industri dan masyarakat dalam mengadopsi teknologi menjadi lebih efisien dalam hal biaya, energi, dan waktu," pungkasnya.

 


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi