Pegawai Kemenkeu Kenakan Baju Hitam Putih Selama Seminggu
Pegawai Kemenkeu saat melakukan upacara memperingati Hari Oeang. (FOTO: dok Kemenkeu)
Jakarta: Seluruh pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengenakan pakaian hitam putih selama seminggu. Hal tersebut sebagai bentuk ungkapan belasungkawa atas meninggalnya 21 pegawai Kemenkeu yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pada Senin pagi, 29 Oktober 2018.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan penggunaan baju hitam putih oleh seluruh pegawai Kemenkeu dimulai pada Selasa, 30 Oktober 2018, di tengah upacara peringatan Hari Oeang ke-72 dan Sumpah Pemuda.

"Kita tetap melakukan upacara hari ini yang kita ubah jadi baju putih-hitam selama satu minggu sebagai rasa duka cita kita terhadap rasa kehilangan. Kita harus tetap melakukan pekerjaan secara penuh dan kita juga ingin terus menyemangati diri kita sendiri karena hari ini peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Keuangan," ujar Sri Mulyani di lapangan upacara Kemenkeu, Jalan Dr Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Oktober 2018.

Musibah dan peringatan hari besar di Kemenkeu, jelasnya, menjadi inspirasi bagi generasi milenial pegawai Kemenkeu untuk mencontoh nilai-nilai luhur para pejuang. Dedikasi dan semangat diharapkan terpatri pada setiap pegawai Kemenkeu.

Baca: 20 Pegawai Kemenkeu Diduga jadi Korban Lion Air JT610

"Semangat itu lah yang ingin kita bawa. Dengan mengenakan putih hitam dan pita hitam adalah untuk mengingatkan kita bahwa sebagian dari keluarga kami sedang berduka," imbuhnya.

Sri Mulyani mengaku terpukul atas meninggalnya 21 pegawai Kemenkeu saat mereka menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Ia menyatakan akan terus mengawal proses identifikasi dan berharap seluruh jasad korban pesawat Lion Air JT610 segera ditemukan.

"Kita mengawal seluruh proses identifikasi, Insyaallah ditemukan seluruh jasad penumpang termasuk penumpang dari Kemenkeu. Kami ingin menyampaikan terus doa kita kepada para arwah, terima kasih atas dedikasi mereka karena mereka semuanya dalam rangka untuk bertugas, menuju tempat kerja mereka," haru Sri Mulyani.

Total sebanyak 21 pegawai Kemenkeu yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610. Sebanyak 12 orang merupakan pegawai Ditjen Pajak, enam orang pegawai Ditjen Perbendaharaan, dan tiga orang pegawai Ditjen Kekayaan Negara.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id