Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Hari ini, PP Holding Infrastruktur Selesai

Ekonomi infrastruktur
Annisa ayu artanti • 31 Desember 2018 15:49
Jakarta: Pemerintah mengusahakan Peraturan Pemerintah (PP) mengenai Holding BUMN infrastruktur rampung secepatnya. Bahkan, Deputi Bidang Infrastrktur Kementerian BUMN Hambra menjanjikan hari ini PP tersebut selesai
 
"Iya PP lagi dikejar mudah-mudahan hari ini bisa kami usahakan," kata Hambra di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 31 Desember 2018.
 
Hambra menuturkan untuk menjadi holding terdiri dari empat tahapan yaitu pembentukan PP sebagai payung, penetapan nilai valuasi yang kemudian ditetapkan melalu KMK, penandatangan akta inbreng, dan mengubah nama entitas anggota holding dengan menghilangkan kata 'Persero' di masing-masing perusahaan anggota.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semua tahapan dijalankan simultan sehingga tidak harus menunggu waktu yang lama untuk membentuk holding BUMN infrastruktur tersebut. Ia juga mengatakan penetapan nilai valuasi juga sudah diserahkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.
 
"Sekarang sudah siap tinggal simultan semua berjalan. Setelah itu tinggal penandatanganan akte inbreng. Valuasi sudah selesai semua, tinggal penetapan nilainya saja. Sudah di Kemenkeu. Makanya saya bilang usahakan hari ini. PP keluar keputusan menkeu keluar beres," jelas dia.
 
Meski demikian pemerintah sudah memiliki 'plan B' jika hari ini PP tersebut tidak ditandatangani Presiden Joko Widodo ia menargetkan PP akan terbit pada 2 atau 3 Januari 2018.
 
"Lagi diusahakan kalau bisa semua terjadi hari ini, kalau tidak hari ini kita lihat 2 atau 3 Januari. Tapi sampai hari ini kita berusaha hari ini," pungkas dia.
 
Seperti diketahui, holding BUMN infrastruktur akan terdiri dari enam perusahaan yakni Hutama Karya sebagai induk, dengan anggota PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Yodya Karya (Persero), dan PT Indra Karya (Persero).
 

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif