illustrasi. MI/Bary Fathahilah.
illustrasi. MI/Bary Fathahilah.

Lampung Jadi Lumbung Ternak Nasional

Ekonomi hewan ternak
08 Januari 2017 14:33
medcom.id, Bandarlampung: Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan, Lampung bersama beberapa provinsi lainnya di Tanah Air menjadi lumbung ternak nasional.
 
"Lampung bersama Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat, saat ini tercatat sebagai lumbung ternak nasional," kata Bachtiar Basri, kepada Antara, di Bandarlampung, Minggu (8/1/2017).
 
Ia menyebutkan, Kementerian Pertanian menargetkan Lampung sebagai penyuplai kebutuhan sapi nasional dalam mendukung pengurangan impor sapi. Pada tahun 2016, katanya, tercatat kenaikan populasi sapi potong dari 598.740 ekor pada 2015 menjadi 660.745 ekor tahun 2016.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, Provinsi Lampung juga mendapat kehormatan sebagai lokasi pencanangan inseminasi buatan (IB) sapi secara nasional pada tanggal 15 November 2016.
 
Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi penyuplai ternak sapi untuk Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Jawa Barat. Dimana terdapat sebelas feedloter atau perusahaan penggemukan sapi potong dengan kapasitas kandang 117.700 ekor.
 
"Untuk itu, diimbau agar para feedloter yang ada di Provinsi Lampung dapat melakukan kemitraan dan tidak hanya melakukan usaha penggemukan saja tetapi juga melaksanakan kegiatan pembibitan dan budi daya agar populasi sapi di Provinsi Lampung terus meningkat," jelasnya.
 
Khusus ternak kambing, terjadi peningkatan populasi pada tahun 2016 menjadi 1.313.287 ekor dari tahun sebelumnya sebanyak 1.252.402 ekor. Bachtiar menambahkan Lampung berada pada posisi pertama di Sumatera sebagai penyuplai ternak kambing.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif