Illustrasi. MI/Abdus Syukur.
Illustrasi. MI/Abdus Syukur.

Buruknya Cuaca Buat Harga Ikan Melonjak 50%

Ekonomi ikan
05 Maret 2017 17:08
medcom.id, Binjai: Cuaca buruk berupa angin kencang dan ombak tinggi menyebabkan nelayan enggan pergi melaut sehingga harga ikan di pasar tradisional Kota Binjai melonjak hingga 50 persen.
 
"Harga ikan melonjak hingga 50 persen diakibatkan pasokan yang terus semakin berkurang," kata salah seorang pedagang ikan di pasar Kebun Lada Binjai Bahrum di Binjai dikutip dari Antara, Minggu 5 Maret 2017.
 
Menurut Bahrum, kenaikan harga ikan di pasar tradisional itu sudah terjadi sejak dua minggu terakhir karena pasokan yang terus semakin berkurang. Hal itu karena para nelayan yang berada di Kabupaten Langkat dan Belawan enggan pergi melaut disebabkan angin kencang dan ombak tinggi. Akibatnya harga ikan dan komoditas laut lainnya melonjak hingga mencapai 50 persen dari hari biasanya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti harga ikan tongkol yang biasanya Rp28.000 kini menjadi Rp40.000 per kg, ikan merah kini dijual per kg Rp35.000 dari harga sebelumnya Rp25.000 per kg. Meski harga ikan dan komoditas laut naik namun permintaan ikan tetap normal.
 
Untuk mengantisipasi harga ikan tetap ada di pasar tradisional, para pedagang biasanya meminta pasokan dari berbagai gudang ikan yang ada di Belawan. Harga ikan diperkirakan akan terus naik hingga cuaca normal kembali di pesisir pantai timur Sumatera Utara, minimal hingga di pertengahan Maret.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif