Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki. Foto: dok MI.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki. Foto: dok MI.

Cara Menkop Dorong UMKM Naik Kelas

Ekonomi kementerian koperasi dan ukm
Nia Deviyana • 15 November 2019 20:40
Jakarta: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki merumuskan dua kebijakan untuk membuat UMKM naik kelas. Hal tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, mengingat kontribusi UMKM cukup besar.
 
Teten bilang saat ini clustering UMKM masih belum maksimal dilakukan, sehingga distribusi pembiayaan menjadi tidak maksimal.
 
"Makanya ke depan pendekatan komunitas atau clustering berdasarkan sentra produksi, berdasarkan komoditi dan wilayah sehingga wilayah pembiayaan dan pembinaan menjadi masif," ujar Teten di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Jumat, 15 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, lanjut Teten, akan membagi peraturan UMKM sesuai unitnya.
 
"Pendekatan tiap unit juga variatif karena UMKM beda-beda, yang mikro beda dengan yang menengah, beda juga dengan yang besar. Jadi enggak bisa ada kebijakan sapu jagad untuk semua," imbuhnya.
 
Teten mengungkapkan penting membuat UMKM naik kelas agar ekonomi tudak dikuasai segelintir orang dan ada aspek keadilan ekonomi. "Itulah yang namanya transformasi ekonomi. Penting kebijakan UMKM masuk dalam kebijakan ekonomi nasional," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif