NEWSTICKER
Mari Elka Pangestu. Foto: dok MI.
Mari Elka Pangestu. Foto: dok MI.

Harapan BI ke Mari Elka Pangestu

Ekonomi bank dunia
Husen Miftahudin • 10 Januari 2020 15:54
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengucap syukur dan selamat kepada Mari Elka Pangestu yang ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia. Adapun pengangkatan Mari Elka berlaku efektif pada 1 Maret 2020.
 
"Atas nama pribadi dan Bank Indonesia, selamat kepada Bu Mari yang menjadi salah satu pimpinan tertinggi di Bank Dunia. Dipilih menjadi Managing Director di Bank Dunia," bangga Perry di kompleks perkantoran Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Januari 2020.
 
Perry mengharapkan penunjukan Mari Elka di Bank Dunia membawa angin segar bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Mantan Menteri Perdagangan periode 2004-2011 itu utamanya diharapkan mampu melakukan perbaikan bagi pembangunan ekonomi dan berkelanjutan negara-negara berkembang dunia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena bidang beliau nanti akan menangani masalah development policy, jadi policy-policy pembangunan insyaallah akan baik untuk emerging market,termasuk Indonesia," ungkap Perry.
 
Bank Dunia mengumumkan penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia pada Kamis, 9 Januari 2020 waktu Amerika Serikat (AS).
 
Bank Dunia mengatakan Mari Elka bergabung di Bank Dunia dengan keahlian kebijakan dan manajemen yang luar biasa, setelah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dari 2004 hingga 2011. Selain itu, Mari Elka pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.
 
"Kami sangat senang menyambut Mari di Bank Dunia dalam peran baru yang sangat penting bagi institusi ini," kata Malpass, dalam keterangan tertulis Bank Dunia, yang diterima Medcom.id, Jumat, 10 Januari 2020.
 
Malpass mengatakan pengalaman Mari Elka sebagai menteri senior serta rekam jejak yang diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti, serta dengan pengalaman kepemimpinan yang luas dan keterlibatan dalam berbagai forum internasional utama terkait berbagai masalah penting pembangunan, dinilai akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak di Grup Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan secara umum.
 
Mari Elka saat ini menjabat sebagai Senior Fellow di Columbia School of International and Public Affairs serta Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia, Asisten Profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy dan Crawford School of Public Policy, Australian National University, dan Anggota Dewan Indonesia Bureau of Economic Research serta Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif