Ilustrasi. Foto : MI/Adam Dwi.
Ilustrasi. Foto : MI/Adam Dwi.

Bank Butuh Waktu Sembilan Bulan untuk Turunkan Bunga Kredit

Ekonomi kadin
Annisa ayu artanti • 04 November 2019 19:53
Jakarta: Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Bidang Moneter, Fiskal, dan Kebijakan Publik Raden Pardede menilai butuh waktu sekitar enam sampai sembilan bulan bagi perbankan menyesuaikan bunga kreditnya.
 
Hal itu menanggapi level suku bunga Bank Indonesia yang sudah diturunkan sebesar 100 bps namun banyak perbankan yang belum menurunkan bunga kreditnya
 
"Jadi, bisa lagnya itu 6-9 bulan baru kemudian akan terjadi penurunan dari suku bunga," kata Raden ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Senin, 4 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Raden membeberkan sebenarnya sudah ada penurunan bunga deposito dan kredit. Hanya saja penurunan bunga tersebut tidak langsung seketika saat BI menurunkan suku bunga.
 
"Biasanya akan ada lag-nya. Jadi sudah terjadi penurunan sebetulnya," ucap dia.
 
Raden melanjutkan bahwa perbankan memahami keputusan penurunan suku bunga ini dilakukan untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah perekonomian global yang saat ini melambat. Oleh karena itu, perbankan mau tidak mau harus siap dampak dari penurunan suku bunga ini akan berimbas pada penurunan net interest margin (NIM) dan profitabilitas.
 
"Dengan penurunan suku bunga tentu nanti NIM akan menurun dan juga profitability menurun. Ya sudah memang dalam keadaan ekonomi seperti ini kita harus bisa menerima itu," tukas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif