Presiden Joko Widodo saat menerima perwakilan UMKM se-Indonesia. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.
Presiden Joko Widodo saat menerima perwakilan UMKM se-Indonesia. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.

Jokowi Minta Saran Pengusaha Kecil

Ekonomi umkm
Damar Iradat • 18 Juni 2019 16:19
Jakarta: Presiden Joko Widodo menerima sejumlah perwakilan asosiasi pengusaha kecil dan menegah se-Indonesia. Pada pertemuan itu, presiden meminta masukan terkait kebijakan untuk memajukan usaha kecil dan menengah.
 
"Saya ingin agar sore hari ini mendapatkan masukan-masukan dalam rangka mendesain kebijakan utamanya yang berkaitan dengan usaha mikro, usaha kecil," kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.
 
Menurut Jokowi, usaha kecil dan menengah saat ini tengah berkembang pesat. Ia mengeklaim dari data terakhir, saat ini terdapat 62,9 juta unit usaha mikro, usaha kecil, maupun usaha menengah di Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orang nomor satu di Indonesia itu menegaskan saat ini Indonesia memiliki kesempatan yang sangat longgar untuk mengembangkan usaha. Untuk itu, Jokowi meminta pengusaha kecil dan menengah memanfaatkan peluang dengan baik.
 
"Dan peluang seperti itu ada manfaatnya kita gunakan sebaik-baiknya, baik usaha jasa, usaha perdagangan atau industri kecil, industri menengah," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 
Jokowi juga meminta agar para pengusaha kecil dan menengah itu menyampaikan fasilitas yang dibutuhkan dari pemerintah. Di sisi lain, Jokowi mengingatkan agar fasilitas yang nantinya diberikan tidak membuat mereka terlena.
 
Baca: Indocater Yakin Bisnis Katering Lebih Baik di 2019
 
"Tapi juga hati-hati, fasilitas-fasilitas yang terlalu banyak kadang-kadang justru melemahkan entrepreneurship dari kita semuanya. Fasilitas perlu, tapi juga jangan sampai melemahkan karakter entrepreneurship yang kita miliki," jelas Jokowi.
 
Sementara itu, perwakilan asosiasi yang hadir dalam pertemuan itu adalah Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo), Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumandiri), dan Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo).
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif