Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Pemindahan Ibu Kota Butuh 5-10 Tahun

Ekonomi pemindahan ibukota
Eko Nordiansyah • 30 April 2019 14:26
Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebutkan pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta membutuhkan waktu antara lima hingga 10 tahun. Pemerintah sendiri menargetkan realisasi pemindahan ibu kota bisa dicapai antara rentang lima sampai 10 tahun.
 
"Mengenai target ada dua opsi. Kita menyiapkan rencana ada yang lima tahun, ada yang 10 tahun," kata Bambang dalam konferensi pers di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2019.
 
Dirinya menjelaskan proses waktu dibutuhkan mulai dari persiapan, perencanaan kota, grand desain, hingga implementasinya. Selain itu, pemerintah harus benar-benar sudah menguasai lahan untuk calon ibu kota baru agar tidak ada kendala dalam pembangunannya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Bambang jika pemindahan ibu kota ditargetkan dalam jangka lima tahun ke depan maka dibutuhkan biaya yang lebih besar. Padahal pemerintah meningingkan ada kerja sama pembiayaan antara swasta dan BUMN untuk merealisasikan aktivitas pemindahan ibu kota.
 
"Di sini yang saya tekankan adalah kita akan justru meminimalkan anggaran pemerintah. Anggaran pemerintah hanya untuk infrastruktur dasar yang benar-benar tidak mungkin dikerjakan oleh pihak di luar pemerintah," jelas dia.
 
Meski memindahkan pusat pemerintahan, namun pemerintah tetap ingin mendorong Jakarta sebagai kota metropolitan sebagai pusat bisnis. Bambang sudah bicara dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tetap membantu skema pembiayaan infrastruktur di Jakarta.
 
"Kita ingin agar beban yang sekarang dipegang Jakarta bisa segera dikurangi dengan memindahkan pusat pemerintahan di ibu kota baru. Kita akan tetap mendukung, saya sudah bicara dengan Pak Anies, kita sudah bicara dan kita akan bantu memfasilitasi," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif