Buwas Pastikan Stok Beras Aman Hingga Juni 2019

Muhammad Al Hasan 27 Oktober 2018 09:00 WIB
beras
Buwas Pastikan Stok Beras Aman Hingga Juni 2019
Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso. Foto: MI/Susanto
Padang: Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso mengatakan, stok beras dipastikan mencukupi kebutuhan hingga Juni 2019. Ia menjamin tidak perlu ada impor beras hingga pertengahan tahun depan.

"Ketersedian beras mencukupi hingga pertengahan tahun depan. Semua gudang Bulog penuh, jadi tidak perlu impor," kata Budi saat meninjau gudang beras Bulog Divre Sumbar di Padang, sebagaimana dilansir Antara, Jumat, 26 Oktober 2018.

Mantan Kepala BNN yang akrab disapa Buwas itu pun memprediksi, jika cuaca baik, hasil produksi padi Januari-Juni akan mencukupi. Bisa jadi impor beras tidak berlaku hingga akhir 2019.

"Saya tidak bilang tidak boleh impor. Tapi kalau produksinya baik, memang bisa saja tidak impor," kata dia.

Selanjutnya ia menuturkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini Indonesia tengah surplus dalam produksi beras. Oleh sebab itu pihaknya berani menjamin ketersediaan beras di seluruh wilayah Indonesia aman.

"Kita pastikan ketersediaan beras untuk masyarakat aman. Terjamin dari segi kualitas, dan harganya juga terjangkau," ujarnya.

Baca: BPS Gunakan Teknologi Terkini Perbaiki Proyeksi Produksi Beras

Untuk diketahui Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data produksi padi nasional dari Januari-September 2018 bila dikonversi menjadi beras dengan angka koversi Gabah Kering Giling (GKG) ke beras setara 28,47 juta ton beras. Sementara potensi produksi beras Oktober-Desember masing-masing 1,52 juta ton, 1,2 juta ton dan 1,22 juta ton. Jadi total produksi beras dari Januari-Desember 2018 diperkirakan mencapai 32,42 juta ton.

Diketahui konsumsi beras nasional periode Januari-September 2018 mencapai 22,11 juta ton. Sedangkan konsumsi beras Oktober diperkirakan mencapai 2,51 juta ton, kemudian November 2,43 juta ton dan Desember 2,51 juta ton.  Jadi total konsumsi beras domestik mencapai 29,57 juta ton. Berdasarkan angka itu, neraca beras tahun ini diperkirakan terjadi surplus 2,85 juta ton. 





(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id