Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Pemerintah Bakal Bagikan 978 Ribu Ha Lahan Menganggur untuk Rakyat

Ekonomi reforma agraria
Eko Nordiansyah • 07 Mei 2019 13:00
Jakarta: Pemerintah akan membagikan sebanyak 978.108 hektare (ha) lahan menganggur untuk rakyat. Ini dilakukan dalam rangka redistribusi lahan reforma agraria dalam Program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) dengan memanfaatkan Hutan Produksi yang dapat Dikonversi (HPK).
 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan hutan yang akan dikonversi adalah kawasan yang sudah tidak produktif. Indikasi paling umum untuk menunjukan lahan tidak produktif lagi adalah forest cover-nya di bawah 30 persen.
 
"Kita sudah punya 978 ribu ha di 20 provinsi. Dan sekarang penataan batasnya sedang berlangsung. Tadi, dibahas tentang bagaimana mekanisme untuk melakukan redistribusinya," kata dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan saat ini tengah dibuat Surat Keputusan (SK) untuk pencadangan lahannya. Setelah itu, gubernur akan menetapkan rencana program untuk redistribusi lahan yang selanjutnya akan diajukan kepada pemerintah pusat untuk disetujui.
 
"Yang penting adalah mekanismenya kalau misalnya sekian puluh ribu sudah dicadangkan gubernur ini, misalnya untuk rakyat. Kan terus ada yang 200 ribu (ha), ada yang 30 ribu (ha), tergantung ya," jelas dia.
 
Menurut dia, redistribusi kepada masyarakat harus didahului dengan program yang jelas dari pemerintah daerah (pemda). Selanjutnya program yang diajukan akan dibahas bersama dengan direktur jenderal (dirjen) terkait di Kemenko Perekonomian.
 
"Nah itu apa saja programnya, macam-macam termasuk pertanian terpadu, fasum, fasos, perikanan, peternakan wisata alam dan lain-lain. Itu nanti proposalnya setelah gubernurnya tahu dia punya berapa mereka siapkan agendanya, proposalnya," ungkapnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif