Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta (MI/ROMMY PUJIANTO)
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta (MI/ROMMY PUJIANTO)

BI: Industri Pengolahan Kian Ekspansif di 2019

Ekonomi pertumbuhan ekonomi bank indonesia ekonomi indonesia
Husen Miftahudin • 11 Januari 2019 13:56
Jakarta: Bank Indonesia (BI) ‎menyatakan kinerja industri pengolahan pada kuartal IV-2018 berada pada level ekspansi. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI)-BI sebesar 51,92 persen.
 
Kondisi itu juga terlihat dari hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) pad‎a kuartal IV-2018 untuk kegiatan usaha dan investasi sektor industri pengolahan yang terindikasi meningkat dengan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 0,32 persen dan 2,71 persen.
 
"Peningkatan kinerja industri pengolahan didorong oleh kenaikan volume produksi yang sejalan dengan pesanan yang meningkat. Berdasarkan rincian subsektor, ekspansi kinerja sektor industri pengolahan terjadi pada subsektor industri alat angkut, mesin, dan peralatannya," ungkap rilis Bank Indonesia yang dilansir Medcom.id, Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kuartal I-2019, ‎kinerja sektor industri pengolahan diprakirakan terus ekspansif. Hal ini terindikasi dari PMI-BI yang berada pada fase ekspansi dengan indeks yang meningkat menjadi sebesar 54,75 persen.
 
Peningkatan ini terutama didorong oleh kenaikan volume produksi. Sejalan dengan ekspansi PMI-BT, SBT kegiatan usaha sektor industri pengolahan pada kuartal I-2019 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan SBT kuartal sebelumnya.
 
"Berdasarkan rincian subsektor, ekspansi kinerja sektor industri pengolahan diprakirakan pada subsektor industri makanan, minuman, dan tembakau," tutup rilis BI.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif