Illustrasi Dok :  MI.
Illustrasi Dok : MI.

MICE Jadi Solusi Dongkrak Pariwisata RI

Ekonomi pariwisata indonesia
12 Februari 2019 05:36
Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menyebut kegiatan meetings, incentives, conferences, and exhibitions (MICE) bisa menjadi alternatif untuk mengangkat pariwisata Indonesia. Apalagi jumlah kegiatan MICE di Indonesia masih terbilang rendah.
 
"Ke depan intinya Indonesia harus punya strategi MICE jenis apa yang harus kita datangkan ke Indonesia. Paling tidak dalam lima tahun," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro ditemui di Hotel Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin, 11 Februari 2019.
 
Dirinya menambahkan, Indonesia perlu membangun brand sebagai destinasi MICE terbaik di ASEAN. Hal ini telah dibuktikan dengan suksesnya penyelenggaraan kegiatan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia di Bali pada tahun lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Bambang, penyelenggaraan MICE harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah serta industri. Penyelenggaraan MICE juga perlu didesain sebagai strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan secara berkelanjutan.
 
"Penyelengaraan MICE menciptakan multiplier effect yang besar dalam jangka panjang, baik dalam bentuk investasi maupun perkembangan rantai pasok pariwisata. Selain itu MICE kan programnya, kegiatan pariwisata sehingga butuh venue yang lebih banyak untuk MICE," jelas dia.
 
Saat ini kegiatan MICE baru menyumbang tiga persen dari total wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia. Padahal wisman yang datang untuk kegiatan MICE biasanya melakukan belanja tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan wisman yang berlibur.
 
"MICE mau kita dorong menjadi quick win. Kenapa? Karena spending (orang yang datang) MICE itu minimum tiga kali lipat dari spending turis biasa. Dan juga orang-orang yang datang ke MICE dia bisa jadi influencer, bisa jadi promosi gratis bagi pariwisata Indonesia ke depan," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi