Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)

Hindari Kesalahan Pengajuan KTA Sebelum Terlambat

Ekonomi kredit tips keuangan
Ade Hapsari Lestarini • 18 Januari 2019 20:13
Jakarta: Kredit pinjaman tanpa agunan (KTA) seringkali dijadikan sebagai solusi untuk Anda yang membutuhkan dana dalam keadaan mendesak. Salah satu jenis pinjaman dana yang satu ini memang termasuk yang paling difavoritkan oleh sebagian masyarakat.
 
Bussines Manager Cermati Kennadi mengatakan alasan seseorang meminjam dana KTA, karena nasabah tidak membutuhkan agunan atau jaminan yang harus disimpan oleh pihak bank. Ditambah lagi proses pencairan yang mudah, sehingga membuat produk KTA semakin digemari untuk Anda yang membutuhkan dana dalam keadaan mendesak.
 
Kennadi menambahkan yang perlu diketahui adalah ketika sudah memutuskan untuk melakukan pinjaman dana KTA, berarti Anda pun sudah siap dengan segala konsekuensi yang akan dihadapi. Salah satunya adalah beban utang yang nantinya akan menjadi sebuah tanggung jawab Anda.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehingga dalam menggunakan dana pinjaman KTA memang sebaiknya digunakan untuk sesuatu yang sifatnya penting dan mendesak. Karena jika Anda tidak dapat menggunakan dana pinjaman tersebut dengan baik malah akan menyebabkan masalah pada diri Anda sendiri, yang malah pada akhirnya akan merugikan diri sendiri.
 
Bila memang Anda menggunakan KTA untuk kebutuhan yang mendesak atau produktif cobalah memilih produk KTA dengan bunga rendah dan tenor yang panjang seperti KTA Permatabank, Maybank, atau Paninbank. Karena selain kredibel, bank-bank tersebut menawarkan dua hal yang disebutkan di atas yaitu bunga rendah dan tenor panjang dari tiga tahun.
 
Lalu apa saja kesalahan pengajuan KTA yang harus dihindari? Berikut ulasan yang perlu diketahui sebelum terlambat.
 
1. Meminjam untuk suatu hal yang tidak produktif.
Meminjam dana KTA untuk sesuatu yang kurang produktif tentu akan membuat Anda kesusahan nantinya, dan malah dapat menyebabkan sulitnya membayar utang. Sehingga membuat Anda terlilit utang yang lebih besar lagi. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah untuk memenuhi gaya hidup seperti membeli produk gadget terbaru, biaya untuk liburan dan hal lainnya yang bersifat konsumtif.
 
Kebiasaan gaya hidup berlebihan dan bersifat konsumtif tidak jarang dijadikan sebagai alasan untuk meminjam dana ke bank. Padahal tentunya hal tersebut tidak begitu penting untuk dilakukan, yang pada akhirnya malah akan menjerumuskan Anda pada menumpuknya utang yang lebih besar lagi. Untuk itu sebelum memutuskan untuk meminjam dana KTA, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu mengenai tujuan dan manfaat dana yang akan digunakan, serta meminjam hanya untuk sesuatu yang penting saja.
 
2. Berbohong demi mendapatkan pinjaman.
Banyak juga di antara masyarakat saat mengajukan pinjaman dengan berbohong atau tidak jujur mengenai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pihak bank. Padahal hal tersebut tentu saja sangat tidak dibenarkan. Biasanya alasan mereka melakukan kebohongan hanya demi untuk mendapatkan pinjaman secepat mungkin dari bank.
 
Dengan melakukan kebohongan pada pihak bank, malah akan menimbulkan masalah baru dan bisa saja hal tersebut berakhir di pengadilan. Oleh karena itu sebaiknya lakukan proses sesuai dengan prosedur dan katakan secara jujur mengenai alasan peminjaman dana KTA Anda pada pihak bank.
 
3. Kurang berpikir jangka panjang saat mengajukan pinjaman.
Melakukan pinjaman secara impulsive memang perlu dilakukan rencana jangka panjang, bahkan sebelum Anda memutuskan melakukan pinjaman KTA ke bank memang diharuskan membuat berbagai perencanaan mengenai utang yang akan Anda pinjam tersebut.
 
Melakukan pinjaman tanpa berfikir panjang terlebih dahulu sama saja akan membawa Anda pada beban permasalahan yang baru. Karena sebagian besar nasabah yang terlilit utang dikarenakan kurangnya perencanaan matang dan memperhitungkan rencana jangka panjang yang harus dilakukannya. Untuk itu sebelum melakukan pengajuan pinjaman sebaiknya Anda pikirkan mengenai cicilan utang tiap bulannya, dan mengenai kesanggupan Anda melunasi utang sampai dengan masa waktu yang telah ditentukan.
 
4. Kurang melengkapi persyaratan.
Sebelum memutuskan melakukan pinjaman ke bank, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu mengenai kelengkapan dokumen dan juga syarat-syarat yang dibutuhkan oleh bank.
 
Setiap bank umumnya memiliki syarat dan juga ketentuan yang berbeda-beda. Untuk itu sebaiknya Anda lengkapi semua persyaratan yang memang sudah diminta oleh pihak bank di tempat Anda meminjam. Agar proses yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.
 
5. Jangan abaikan fine print.
Saat akan melakukan pinjaman ke bank, biasanya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pinjaman, dan kebanyakan orang seringkali melupakan tulisan fine print yang biasanya berupa tulisan kecil yang ada bagian belakang formulir, biasanya tulisan tersebut berisi mengenai ketetapan suku bunga dan juga perubahan persyaratan pengajuan pinjaman. Karena informasi tersebut biasanya sangat penting sebaiknya jangan pernah mengabaikan tulisan fine print tersebut.
 
Berpikir Matang Sebelum Mengajukan Pinjaman
 
Secara umum memang masih cukup banyak beberapa kesalahan lain yang seringkali dilakukan para peminjam dana KTA, untuk itu sebaiknya sebelum Anda melakukan pinjaman dana KTA, pikirkan secara matang mengenai manfaat dana yang akan Anda gunakan. Jangan sampai dengan melakukan pinjaman dana malah akan semakin memperburuk kondisi keuangan Anda nantinya. Untuk itu pentingnya bepikir secara matang, agar nantinya dana pinjaman dapat digunakan untuk sesuatu yang bersifat produktif, bukan untuk sesuatu yang bersifat konsumtif.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi