Mendag Harap Kualitas Produk Fesyen Lokal Sejajar <i>Brand</i> Global
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meresmikan gerai Lumine pertama di Indonesia. Sebagai gerai fesyen dan kuliner ternama asal Jepang, Lumine menawarkan budaya Tokyo modern kepada masyarakat Indonesia.

"Kerja sama yang dilakukan seperti ini harus lah kita dukung. Terlebih lagi ini sekaligus memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Bukan hanya masalah politik dan diplomatik saja, tetapi (hubungan Indonesia-Jepang) harus diisi dengan ekonomi," ujar Enggar saat meresmikan gerai Lumine di Plaza Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Desember 2018.

Sebagai bagian dari perdagangan global, kata Enggar, Indonesia tidak bisa menutup diri terhadap perkembangan industri fesyen dunia. Kehadiran brand fesyen ternama di Tanah Air bisa menjadi pelecut bagi industri mode lokal untuk menyejajarkan kualitas dan desainnya.

"Desainer dan produk-produk harus sesuai dengan keinginan pasar, bukan pasar yang mengikuti produsen. Kita harus menyesuaikan dan kita harus ambil bagian dari dibukanya (gerai Lumine) ini," ujar dia.

Di sisi lain, Enggar berharap pusat perbelanjaan Tanah Air bisa bekerja sama dengan brand ternama dunia untuk membuka gerai di Indonesia. Pasalnya, kerja sama tersebut diyakini mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional.

"Jadi, kehadiran brand luar yang sudah menjadi tren di mal besar di Indonesia justru memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi kita," ungkap dia.

Namun demikian, kehadiran gerai brand global juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas produk dalam negeri. Gerai brand ternama dunia dan pusat perbelanjaan diminta bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

"Plaza Indonesia mengambil langkah inovatif dan cepat, Plaza Indonesia juga sudah memulai kerja sama dengan pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk meningkatkan produk lokal bersama pusat-pusat belanja. Jadi, kerja sama yang dilakukan seperti ini harus lah kita dukung," tegas Enggar.

Menurutnya, kehadiran gerai Lumine di Indonesia akan menarik generasi milenial seperti halnya di Jepang. Sebab, penjualan produk di gerai Lumine pusat yang ada Shinjuku, Tokyo, mencapai lebih dari USD1 miliar per tahun.

"Daripada beli di sana, mending beli di sini saja supaya uang kita enggak beredar ke luar negeri. Ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara," tutup Enggar.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id