Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Medcom/Ilham Wibowo.
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Medcom/Ilham Wibowo.

Hambatan Nontarif Perdagangan Dunia Kian Tinggi

Ekonomi perdagangan ri
Cahya Mulyana • 24 Februari 2019 20:02
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dengan tegas mengatakan hambatan-hambatan yang diterapkan berbagai negara dalam kegiatan perdagangan dunia saat ini semakin memprihatinkan. Hal itu pula yang menjadi akar pergolakan hingga membuat tidak stabilnya perdagangan dan perekonomian global.
 
Hal itu merupakan isi pidato Enggartiasto Lukita dalam sesi panel 'Deepening Trade and Investment: Addressing Technical Barriers to Trade' yang merupakan rangkaian kegiatan India-ASEAN Expo and Summit keempat.
 
Berdasarkan data World Trade Organization (WTO), hambatan tarif memang mengalami penurunan signifikan dari 15 persen pada 1995 menjadi hanya 9 persen pada 2018. Tetapi di sisi lain, hambatan nontarif melonjak pesat. Setidaknya terdapat peningkatan 1.400 hambatan nontarif dalam kurun 2005 hingga 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hambatan nontarif memang sah dan diatur WTO, tetapi penggunaannya kadang berlebihan dan diskriminatif. Itu semua pada akhirnya akan menambah biaya dan merugikan industri dan konsumen baik negera yang menerapkan maupun negara mitra,” ujar Enggartiasto dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 24 Februari 2019.
 
Ia pun meminta para penentu kebijakan dapat membuat aturan-aturan teknis yang tidak menghambat perdagangan dengan pasar-pasar dunia.
 
"Kebijakan yang dibuat harus bisa meningkatkan standar kualitas produk, memberikan perlindungan bagi konsumen serta memberikan ruang untuk berinovasi dan berkompetisi secara adil," tegasnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif