NEWSTICKER
Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun (kanan) dan  Direktur Astra Graphia Mangara Pangaribuan (kiri). (FOTO: dok Astra Graphia)
Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun (kanan) dan Direktur Astra Graphia Mangara Pangaribuan (kiri). (FOTO: dok Astra Graphia)

Tahun Politik Dorong Pertumbuhan UMKM

Ekonomi pilpres umkm astra graphia
Nia Deviyana • 09 April 2019 19:02
Jakarta: Pertumbuhan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dinilai mengalami peningkatan di tahun politik. Sebab, kegiatan kampanye banyak memanfaatkan produk-produk industri UMKM.
 
"Pesta demokrasi menguntungkan usaha percetakan, ada pertumbuhan sekitar dua digit dibandingkan bukan tahun politik," ujar Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun saat mengisi diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 9 April 2019.
 
Adapun industri UMKM yang diuntungkan pada tahun politik antara lain percetakan dan makanan. "Orang kalau kampanye kan butuh konsumsi. Belum lagi harus membuat pamflet-pamflet kampanye," terangnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut dibenarkan Direktur perusahaan mesin digital printing Astra Graphia Mangara Pangaribuan yang optimistis pertumbuhan penjualan pada 2019 bisa mencapai dua digit atau setidaknya sampai pada level 10 persen.
 
Untuk menyokong penjualan, Astra Graphia merilis mesin cetak digital terbaru dengan seri Fuji Xerox PrimeLink C9065. Mesin seharga Rp400 juta per unit itu ditargetkan bisa terjual sebanyak 200 unit pada 2019.
 
"Target kita paling tidak bisa tumbuh mencapai 50 persen dengan penjualan sebanyak 200 unit untuk 2019," kata Mangara.
 
Berdasarkan data yang dirilis IDC, sepanjang 2018 Mesin Production Printer Berwarna serta monokrom Fuji Xerox menjadi market leader di Indonesia dengan pangsa pasar (market share) sebesar 61 persen dan 75 persen.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif