Bali Dorong Pengusaha Optimalkan Ekonomi Digital
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Mohammad Rizal)
Denpasar: Ikatan Senior Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (ISHI) Bali mendorong pelaku usaha di daerah setempat mengoptimalkan pemanfaatan sistem ekonomi digital mengantisipasi pola konsumsi masyarakat yang saat ini bergeser.

"Perubahan ekonomi begitu cepat maka perlu diantisipasi sehingga ke depan tidak terjajah secara ekonomi," kata Ketua Umum ISHI Bali Gde Sumarjaya Linggih usai membuka diskusi terkait terobosan dalam era leisure economy di Denpasar, seperti dikutip dari Antara, Senin, 11 Juni 2018.

Menurut dia, saat ini sistem ekonomi mengalami perubahan hampir di seluruh bisnis dari konvensional menjadi digitalisasi, mengikuti perkembangan tren konsumsi masyarakat yang lebih mencari hiburan dan pengalaman atau leisure economy.

Anggota Komisi VI DPR RI itu juga mendorong pelaku usaha memanfaatkan sharing economy atau sistem ekonomi bagi hasil seperti perusahaan aplikasi yang saat ini banyak bermunculan menggandeng pelaku usaha yang memiliki aset dan produk.

"Tidak semua orang menguasai semua hal tetapi mereka bisa berkolaborasi seperti Go-Jek tidak punya ojek tetapi memanfaatkan aplikasi," ucap politikus yang akrab disapa Demer itu.

Begitu juga dengan industri pariwisata di Bali yakni salah satunya akomodasi penginapan skala kecil dan menengah, kata dia, didorong memanfaatkan aplikasi dalam jaringan seperti di antaranya airy dan airbnb.

Selain itu, sistem pembayaran saat ini juga sudah mengarah digital atau elektronifikasi yang tidak lagi mengandalkan dominasi uang tunai juga perlu disikapi pelaku usaha.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id