Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memboyong delegasi pejabat Papua mengunjungi sejumlah investor strategis di Tiongkok. Foto: dok BKPM.
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memboyong delegasi pejabat Papua mengunjungi sejumlah investor strategis di Tiongkok. Foto: dok BKPM.

BKPM Ingin Banyak Investor Tanam Investasi di Papua

Ekonomi investor papua bkpm
Nia Deviyana • 06 Desember 2019 12:22
Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memboyong delegasi pejabat Papua mengunjungi sejumlah investor strategis di Tiongkok. Upaya ini untuk memperbanyak investasi di wilayah paling timur Indonesia itu.
 
Bahlil mengatakan sejauh ini investasi di Papua masih sangat tertinggal jauh dibandingkan provinsi lain di Indonesia.
 
"Kita ingin investasi di Papua semakin meningkat. Apalagi Papua sangat strategis dan sumber daya alamnya melimpah," ujar Bahlil seperti dikutip melalui keterangan resminya, Jumat, 6 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun delegasi ditugaskan Bahlil menawarkan peluang investasi hingga ke hilirisasi ke sejumlah investor. "Di Papua ada emas, nikel, batubara, pasir besi, potensi listrik, dan PLTA 23 ribu megawatt (MW). Ada juga Kawasan industri," ujar Bahlil.
 
Tak hanya sumber daya alam, Papua menurutnya sangat strategis dalam membangun industri manufaktur atau pusat industri pengolahan.
 
"Ore yang ada di Australia, Morowali, dan Filipina bisa diolah di Papua. Soal keamanan, Papua sudah sangat aman. Investor tak perlu khawatir. Itu urusan pemerintah pusat dan daerah. Di sini hadir Pangdam dan Kapolda yang bertanggungjawab atas keamanan investasi Anda,” ujar Bahlil.
 
Selama di Tiongkok, Kepala BKPM memimpin delegasi berkunjung ke Shanghai, kota industri dan manufaktur Wenzhou, serta Tongxiang di Provinsi Zhejiang. Rombongan bertemu dengan para investor dan sejumlah pabrik dan pemerintah daerah di Kota Wenzhou, Provinsi Zhejiang.
 
Selain mengunjungi pabrik-pabrik petrokimia dan baterai, delegasi juga melakukan tatap muka dan pembicaraan dengan pendiri dan top manajemen Huafon Group dan Tsingshan serta Walikota Wenzhou.
 
Kepala BKPM dan rombongan juga mengunjungi pembangkit listrik Shan Du Hydro, milik dari Tsingtuo Group serta pusat riset dan pengembangan STS Compex.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif