Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Mi/Susanto.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Mi/Susanto.

Sri Mulyani Bakal Bahas Masalah Jiwasraya dan ASABRI dengan DPR

Ekonomi ASABRI
Eko Nordiansyah • 14 Januari 2020 19:48
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan membahas masalah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ASABRI (Persero) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Rencananya akan ada rapat kerja (raker) pemerintah bersama anggota legislatif.
 
"Ya nanti kan ada raker dengan DPR," kata dia ditemui usai rapat dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Sri Mulyani tak menjawab kapan rapat pemerintah dengan anggota dewan dilaksanakan. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga tak banyak berkomentar soal masalah yang membelit dua perusahaan pelat merah tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sampai dengan November 2019, Jiwasraya diperkirakan mengalami negatif equity sebesar Rp27,2 triliun. Jiwasraya membutuhkan dana Rp32,89 triliun agar bisa mencapai rasio Risk Based Capital (RBC) minimal 120 persen.
 
Sementara itu, dugaan penyelewengan dana asuransi diduga dengan modus investasi saham gorengan. Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya menyatakan ada isu korupsi di ASABRI yang nilainya mencapai Rp10 triliun.
 
Sri Mulyani sebelumnya mengaku akan bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir membahas perusahaan BUMN bermasalah. Dirinya ingin berkoordinasi terlebih dulu dalam menyelesaikan masalah di dua perusahaan asuransi milik negara tersebut.
 
"Nanti saja kalau soal itu (Jiwasraya dan ASABRI). Nanti kalau kita sudah bersama-sama-sama Pak Erick, nanti bikin statemen bersama," kata Sri Mulyani di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Senin, 13 Januari 2020.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif