Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo. Foto : MI/RAMDANI.
Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo. Foto : MI/RAMDANI.

Pemerintah Segera Rombak Direksi ASABRI

Ekonomi ASABRI
Desi Angriani • 13 Januari 2020 16:10
Jakarta: Pemerintah segera merombak direksi PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) akibat dugaan kelalaian dalam pengelolaan investasi. Perubahan kursi pimpinan Asabri akan dilakukan tahun ini.
 
"Pasti segera. Tahun ini," kata Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo di Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.
 
Kartiko menjelaskan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laporan keuangan Asabri dari Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam). BUMN asuransi itu diduga mengalami kerugian hingga Rp10 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tunggu panggilan dari Pak Menkopolhukam tapi kita sudah lihat, tapi kita sudah lihat memang seperti yang disampaikan itu ada kerugian investasi sahamnya. Nilainya sedang kita kaji sedang kita lihat," ungkap dia.
 
Dia juga menjelaskan penyelesaian kasus ASABRI dan Jiwasraya akan berbeda lantaran ASABRI merupakan asuransi sosial yang tidak bisa mendapatkan suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN).
 
"Karena ASABRI kan bukan asuransi private, asuransi sosial, tidak bisa dalam konteks begitu agak sulit karena dia asuransi sosial," pungkas dia.
 
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebelumnya menerima informasi dugaan korupsi di PT ASABRI (Persero) sebesar Rp10 triliun. Dugaan penyelewengan dana asuransi tersebut diduga dilakukan dengan modus investasi saham gorengan.
 
"Tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp10 triliun," kata Mahfud di Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.
 
Asabri merupakan perusahaan asuransi jiwa yang diselenggarakan secara wajib untuk memberikan perlindungan finansial untuk kepentingan prajurit TNI, anggota Polri, dan PNS Kemhan.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif