Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (ANT/Widodo S. Jusuf).
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (ANT/Widodo S. Jusuf).

Mendag Wajibkan Produsen Minyak Goreng Jual Kemasan Rp11.000/Liter

Ekonomi minyak goreng
Desi Angriani • 04 Juli 2017 19:25
medcom.id, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mewajibkan produsen minyak goreng untuk menjual sebagian produksinya dengan harga Rp11.000 per liter. Minyak goreng tersebut nantinya akan dijual dengan kemasan sederhana.
 
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengemukakan, aturan mengenai jumlah produksi kemasan minyak goreng sederhana ini masih dibicarakan.
 
"Jadi sekian persen dari total produksi itu harus berbentuk minyak goreng dengan kemasan sederhana dan harga jual yang ditetapkan pemerintah disepakati dengan para pengusaha Rp11.000 per liter," ujarnya di auditorium Kementerian Perdagangan di Jakarta, Selasa 4 Juli 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, perhitungan persentese tersebut dilihat dari keuntungan produksi di sektor hulu dan hilir.
 
"Nanti akan ada dua bagian. Yang integrated yang hulu sama hilirnya, nanti ada persentasi, berapa hulu berapa hilir. Dia yang olah saja. Tidak punya CPO-nya, akan kita tetapkan dan bantu dengan dorong sumber bahan baku," tandasnya.
 
Sebelumnya, Kemendag menetapkan HET gula pasir pada harga Rp12.500 per kg, daging beku Rp80.000 per kg dan minyak goreng curah kemasan pada Rp11.000 per liter.
 
Enggar mengungkapkan harga ini akan dipertahankan hingga akhir tahun ini. Dia menambahkan pihaknya hanya akan memprioritaskan tiga komoditas tersebut untuk diatur HET-nya pada tahun ini.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif