Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Nilai Tukar Petani Menguat di Oktober

Ekonomi petani bps
Ilham Pratama Putra • 02 November 2019 00:40
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai tukar petani (NTP) pada bulan Oktober 2019 mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya. NTP bulan ini berada di angka 104,04 NTP atau bergerak sebesar 0,16 persen dari bulan September.
 
"Kalau dilihat angkanya naik tipis dari 103,88 ke 104,04. Dan yang mengalami kenaikan hanya tanaman pangan dan hortikultura," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, di kantor BPS, Jakarta Pusat, Jumat, 1 November 2019.
 
Untuk NTP Tanaman Pangan mengalami kenaikan 0,97 persen. Sedangkan, NTP Tanaman Hortikultura naik sebesar 0,11 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini terjadi karena harga gabah meningkat. Sehingga peningkatan yang diterima petani dari penjuakan gabahnya juga meningkat," kata dia.
 
Sementara itu, NTP pada tiga subsektor lainnya mengalami penurunan. Di antaranya Nilai Tukar Tanaman Perkebunan Rakyat sebesar 0,18 persen, Peternakan 0,58 persen dan perikanan 0,28 persen.
 
Untuk terus meningkatkan NTP, BPS menggandeng Kementrian Pertanian, BIG, LAPAN, BNPT, dan Kementerian ATR/BPN. "Kita ber-enam akan duduk bersama, untuk kerja bagi negara. Saling mengumpulkan kekuatan," pungkas dia.
 

(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif