ASABRI. Foto : ASABRI.
ASABRI. Foto : ASABRI.

Kementerian BUMN Endus Permainan Saham ASABRI Mirip Jiwasraya

Ekonomi ASABRI
Eko Nordiansyah • 15 Januari 2020 19:56
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melihat adanya kemiripan skema investasi oleh PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau ASABRI mirip dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Bahkan diduga ada kemiripan permainan.
 
"Memang saham-saham yang ada di ASABRI seperti yang ditampilkan media ya mirip-mirip lah dengan Jiwasraya. Jadi kami lihat ada semacam hubungan permainan saham di Jiwasraya dan ASABRI," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Saat ini Kementerian BUMN masih melakukan review bersama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Hasilnya memang ada penurunan saham dan reksa dana milik ASABRI secara signifikan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tadi review dengan BPKP dan komisaris, kami akan melakukan tindakan-tindakan juga kami akan lihat siapa pihak-pihak yang bertanggung jawab. Dan nanti pada saatnya kami umumkan sanksi dan proses seperti apa," ungkapnya.
 
Tiko menambahkan penyelesaian kasus ASABRI tidak bisa disamakan dengan Jiwasraya. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menaksir potensi kerugian sementara ASABRI mencapai Rp16 triliun belum bisa diselesaikan dengan skema bailout dengan menggunakan dari dana pemerintah.
 
"Karena ASABRI kan (asuransi) sosial ya. Belum tau (bailout pemerintah untuk ASABRI). Nanti kita bicara sama Kemenkeu ya," pungkas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif