Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

BI Prediksi Inflasi Sumut 0,2% di Desember 2018

Ekonomi inflasi bank indonesia ekonomi daerah
02 Januari 2019 07:30
Medan: Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara memperkirakan angka inflasi pada Desember 2018 di Sumatera Utara (Sumut) berada di kisaran 0,2 persen. BI bersama pihak terkait terus berupaya mengendalikan tingkat inflasi agar tidak bergerak secara liar.
 
"Dari hasil pantauan harga, komoditas yang harganya naik pada Desember hanya beberapa komoditas seperti telur, daging ayam ras, bawang merah, tarif hotel, dan angkutan udara," ujar Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumut Hilman Tisnawan, seperti dikutip dari Antara, di Medan, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Sementara itu, beberapa komoditas utama penyumbang inflasi di Sumut seperti cabai merah, beberapa jenis sayuran seperti sawi hijau, dan juga emas mengalami penurunan. "Dengan inflasi yang rendah pada Desember, BI memperkirakan inflasi Sumut pada 2018 hanya di bawah dua persen," tuturnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perhitungan inflasi sepanjang 2018 itu mengacu angka pada November 2018 yang mengalami deflasi sebesar 0,51 persen. Artinya, katanya, secara tahunan (year on year), inflasi Sumut per November masih 1,77 persen.
 
"Ditambah perkiraan inflasi 0,2 persen pada Desember, inflasi Sumut sepanjang 2018 diprediksi tidak sampai dua persen," ujarnya.
 
Inflasi Sumut terkendali karena terjaganya tekanan harga dari sisi permintaan, fluktuasi harga pangan dan komoditas yang harganya ditetapkan pemerintah. Inflasi Sumut 2018 yang diperkirakan di bawah dua persen itu merupakah inflasi terendah yang terjadi di Sumut dalam beberapa tahun terakhir.
 
"Tahun-tahun sebelumnya, inflasi Sumut selalu di atas tiga persen. Kedepannya, BI berharap inflasi terus terjaga," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif