Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet)

PII Bakal Bentuk Database Insinyur Dukung Pembangunan Infrastruktur

Ekonomi infrastruktur
Husen Miftahudin • 23 Januari 2019 11:38
Jakarta: Persatuan Insinyur Indonesia (PII) akan membentuk sistem database insinyur melalui platform digital. Database itu bertujuan untuk mengetahui jumlah insinyur yang ada di dalam negeri mengingat saat ini tidak ada yang bisa memastikan jumlah insinyur di Indonesia.
 
Ketua Umum PII Heru Dewanto mengatakan, database insinyur ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) demi mendukung pembangunan infrastruktur yang tengah didorong pemerintah. Roadmap pengembangan SDM insinyur disesuaikan dengan roadmap pembangunan infrastruktur nasional.
 
"Dari situ, kita akan lebih mudah memetakan atau mempersiapkan SDM sesuai dengan bidangnya untuk mendukung pembangunan infrastruktur," kata Heru dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu, 23 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Heru yang juga merupakan Direktur Utama Cirebon Power itu mengakui, tak adanya database insinyur selama ini lantaran tidak ada yang mengharuskan insinyur melakukan registrasi sertifikasi profesi. Padahal menurut Heru, registrasi sertifikasi profesi insinyur sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran.
 
Dia menjelaskan, pembangunan infrastruktur lanjutan perlu dukungan perencanaan dan strategi secara integratif untuk memaksimalkan kapasitas rantai nilai nasional.
 
"Kita punya waktu untuk membuat planning dan strategi secara lebih integratif untuk memaksimalkan potensi nasional. Baik SDM insinyur, kontraktor, developer, industri, dan lain-lain," beber dia.
 
Infrastruktur yang telah terbangun dan beroperasi, lanjutnya, memerlukan dukungan manajemen aset yang andal untuk aset leverage serta monitoring dan evaluasi secara berkesinambungan. "Hal tersebut untuk memastikan nilai tambah infrastruktur bagi kemanfaatan pembangunan sosial dan ekonomi bangsa," tegas Heru.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif