Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

Pemerintah Targetkan Ekspor 400 Ribu Mobil Tahun Ini

Ekonomi ekspor-impor
Eko Nordiansyah • 13 Februari 2019 05:34
Jakarta: Pemerintah menargetkan ekspor kendaraan bermotor untuk tahun ini bisa mencapai 400 ribu unit. Ekspor mobil tidak hanya untuk kendaraan bermotor dalam keadaan jadi atau completely built up (CBU) tetapi juga untuk kendaraan yang ekspor secara terurai atau completely knock down (CKD).
 
"Jumlahnya naik jadi 400 ribu untuk ekspor," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Indonesia Kendaraan Terminal, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 12 Februari 2019.
 
Dirinya menambahkan, peluang untuk meningkatkan ekspor kendaraan tahun ini cukup terbuka. Apalagi pemerintah Indonesia sedang melakukan perundingan dagang dengan Australia melalui Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Industri otomotif merupakan sektor quick yielding untuk cepat menghasilkan devisa melalui peningkatan ekspor. Tahun lalu ekspor mobil CBU mencapai 264 ribu unit, dan CKD sekitar 82 ribu unit, sehingga totalnya mencapai 346 ribu unit dengan nilai USD4 miliar ditambah ekspor komponen otomotif senilai USD2,6 miliar.
 
Optimisme terhadap industri otomotif juga didukung struktur manufaktur industri yang sudah dalam, mulai dari industri baja, kimia, kaca, hingga ban. Tak hanya itu optimisme tersebut ditambah kepercayaan dunia internasional terhadap produk otomotif nasional sudah tinggi.
 
Daya saing industri otomotif juga didukung dengan jumlah tenaga kerja dan sektor jasa terkaitnya yang cukup banyak. Di samping itu, Indonesia dinilai akan menjadi hub bagi manufaktur industri otomotif, yang kini sedang bersaing dengan India.
 
"Kita punya Detroitnya Indonesia di Bekasi, Karawang dan Purwakarta, di mana strukturnya sudah dalam mulai tier satu, dua, sampai tiga. Selain itu, investasi industri otomotif juga akan terus bertambah," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif