Direktur Utama BTN Maryono (kedua dari kanan). (FOTO: Medcom.id/Rizkie Fauzian)
Direktur Utama BTN Maryono (kedua dari kanan). (FOTO: Medcom.id/Rizkie Fauzian)

BTN Bidik Kenaikan Laba hingga 19% di Tahun Politik

Ekonomi btn
Rizkie Fauzian • 30 November 2018 19:03
Semarang: PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menargetkan pertumbuhan laba sebesar 16-19 persen di 2019. Kenaikan tersebut menjadi salah satu strategi perseroan dalam meningkatkan kinerja bisnis menjelang tahun politik.
 
Selain itu perseroan juga optimistis bakal meningkatkan kapasitas kredit terutama dalam mendukung program satu juta rumah milik pemerintah. Adapun untuk target kredit dan Dana Pihak Ketiga (DPK) targetnya tumbuh sekitar 15 persen.
 
Direktur Utama BTN Maryono mengatakan target pertumbuhan yang masuk dalam rencana bisnis bank (RBB) tersebut merupakan target konservatif dengan mempertimbangkan beberapa kondisi, seperti kenaikan BI 7 Days Repo Rate yang diekspektasikan akan berlanjut hingga tahun depan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Target tersebut juga sudah dengan penyesuaian kebutuhan alokasi CKPN untuk persiapan pemenuhan PSAK 71 di 2020," kata Maryono dalam Focus Group Discussion (FGD), di Semarang, Jumat, 30 November 2018.
 
Maryono menjelaskan target RBB BTN juga disesuaikan dengan pemilu yang akan dilakukan serentak pada 2019. Namun dirinya menilai pengaruh tahun politik sangat kecil terhadap bisnis BTN.
 
"Kami berharap Pemilu berjalan damai dan lancar sehingga tidak mengganggu iklim bisnis di Indonesia. Pemilu itu April, setelah itu akan berjalan seperti biasa. Jadi pengaruhnya kecil di tahun politik ini," jelasnya.
 
Untuk mencapai target dalam RBB tersebut, perseroan telah menetapkan beberapa strategi antara lain memperkuat kontribusi pertumbuhan KPR subsidi (SSB, FLPP, BP2BT dan Tapera), meningkatkan pertumbuhan KPR nonsubsidi dengan skema KPR MBR dan ASN.
 
"Harapannya tahun depan kontribusi kami terhadap program sejuta rumah lebih besar lagi," jelasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi