Enam Bendungan Dipastikan Selesai Tahun Ini
Ilustrasi bendungan - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hari Suprayogi memastikan enam bendungan akan selesai dan diresmikan tahun ini. Enam bendungan itu yakni, Bendungan kembar Tanju-Mila di Nusa Tenggara Barat, Bendungan Gondang di Karang Anyar, Bendungan Logung di Kudus, dan Bendungan Sei Gong di Batam.

Lalu Bendungan Sindang Heula di Banten, dan Bendungan Rotiklot di Nusa Tenggara Timur. Dua bendungan lainnya yakni, Bendungan Paselloreng di Sulawesi Selatan, dan Bendungan Kuningan di Jawa Barat belum bisa dipastikan selesai tahun ini.

"Bendungan Paselloreng dan Kuningan sepertinya akan mundur (dari jadwal) karena ada masalah lahan. Tapi sedang kita usahakan tahun ini selesai," kata Hari di kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis, 1 November 2018.

Hari menuturkan progres dua bendungan tersebut sudah mencapai sekitar 98%. Hingga tahun ini, total bendungan yang sudah selesai sebanyak 41 dari 49 bendungan baru.

Kementerian PUPR menargetkan akan membangun 65 bendungan yang terdiri dari 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan baru selama tahun 2015-2019. Bendungan itu untuk mendukung ketahanan pangan dan air masyarakat sekitar.

Untuk bendungan Kuningan, nantinya akan menampung volume air sebesar 25,9 juta kubik. Bendungan seluas 221 hektare itu akan memiliki banyak fungsi.

Selain untuk sumber irigasi seluas 3.000 hektare sawah, bisa juga untuk memenuhi kebutuhan air baku masyarakat. Seluruh pembangunan bendungan itu masuk dalam proyek strategis nasional yang dirancang Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.



(AZF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id