Menkeu Sri Mulyani. (MI/Permana).
Menkeu Sri Mulyani. (MI/Permana).

Harga Terjaga karena Inflasi Rendah

Ekonomi inflasi sembako
Ilham wibowo • 02 Januari 2019 22:32
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan harga-harga relatif terkendali karena inflasi tahun lalu terbilang rendah. Seluruh komponen inflasi terjaga.

"Ini terkonfirmasi pada semua komponen inflasi yaitu core inflation, administered price dan harga pangan. Komponen ini termasuk yang dijaga pemerintah, termasuk melalui kebijakan fiskal," kata Menteri Sri di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2019.

Sebelumnya, mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi sepanjang 2018 sebesar 3,13 persen. Angka tersebut berada di bawah target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang sebesar 3,5 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dirinya menambahkan, pemerintah mampu menjaga harga agar tetap terkendali. Salah satunya adalah stabilitas harga pangan serta sejumlah harga yang diatur oleh pemerintah (administered price). "Ini menyebabkan keammpuan atau daya tahan perekonomian kita pada saat menghadapi gejolak global di 2018. Oleh karena itu, momentum growth tetap terjaga hingga akhir tahun," jelas dia.

Selama 2018 seluruh komponen pengeluaran mengalami inflasi, yaitu kelompok bahan makanan inflasi 3,41 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau inflasi 3,91 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar inflasi 2,43 persen.

Kelompok sandang dan kesehatan juga tercatat mengalami inflasi masing-masing sebesar 3,59 persen dan 3,14 persen. Sementara kelompok pendidikan dan transportasi mengalami inflasi masing-masing sebesar 3,15 persen dan 3,16 persen.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi