Defisit Neraca Perdagangan Tak Masalah Selama Impor Barang Modal

Desi Angriani 15 November 2018 19:49 WIB
neraca perdagangan indonesia
Defisit Neraca Perdagangan Tak Masalah Selama Impor Barang Modal
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto tak mempersoalkan defisit neraca perdagangan pada Oktober 2018 sebesar USD1,82 miliar selama pemerintah melakukan impor barang modal. Kebutuhan barang modal yang tinggi menandakan peningkatan ekonomi nasional.

"Ya kalau secara keseluruhan kan ada capital goods ini selama barang modal itu enggak masalah mendorong produktivitas nanti," ujar Airlangga saat ditemui di kantornya, Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis, 15 November 2018.

Menurutnya Indonesia belum bisa terbebas dari kebutuhan impor bahan baku. Misalnya, industri otomotif yang 90 persen bahan baku penolong berasal dari impor.

"Ya kalau bahan baku penolong itu tetap diperlukan karena tidak semua mempunyai economical scale dibuat di Indonesia. Jadi, seperti otomotif itu kira-kira 90 persen," ungkap dia.

Karenanya, Airlangga terus mendorong industri dalam negeri untuk melakukan substitusi di sektor ekspor dan impor. Saat ini, industri petrochemical segera meresmikan pabrik synthetic rubber (SBR) bulan ini. Di samping itu, Lotte Chemical juga akan diresmikan dengan nilai investasi mencapai USD3,5 miliar.

"Tentu kita terus dorong kita upaya yang utama permudah bahan baku dan kita pacu saja industri-industri meningkat," pungkasnya.

Badan Pusat Statistik sebelumnya mencatat nilai neraca perdagangan Indonesia Oktober 2018 mengalami defisit sebesar USD1,82 miliar. Defisit dipicu oleh impor yang meningkat 20,60 persen atau sebesar USD17,62 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan peningkatan impor menyebabkan defisit di sektor migas sebesar USD1,43 miliar dan sektor nonmigas USD0,39 miliar.

"Berasal dari defisit migas USD1,4 miliar dan defisit nonmigas USD0,93 miliar," katanya dalam sebuah jumpa pers di Gedung BPS, Jakarta, Kamis 15 November 2018.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id