Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Dok :Medcom.
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Dok :Medcom.

Mendag Minta Importir Bawang Putih Buka Gudang

Ekonomi kementerian perdagangan
Nia Deviyana • 16 April 2019 16:12
Tangerang Selatan: Menteri Perdagangan (mendag) Enggartiasto Lukita meminta importir bawang putih untuk membuka gudang persediaan sehingga pemerintah bisa melakukan operasi pasar. Hal ini berkaitan dengan harga bawang putih yang terus naik.
 
"Hari ini kami undang importir untuk dia buka gudang, untuk operasi pasar, " ujar Enggar, singkat, saat ditemui di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa, 16 April 2019.
 
Mendag juga memberi sinyal pihaknya membuka peluang bagi importir yang sudah melakukan kewajiban menanam bawang untuk melakukan impor.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Impor) ini bisa dilakukan oleh mereka yang sudah sesuai dengan Permentan," jelas dia.
 
Menurut Informasi Pangan Jakarta, harga komoditas bawang putih paling tinggi berada di kisaran Rp60 ribu per kilogram di kawasan pasar Johar Baru. Sementara harga rata-rata di DKI Jakarta berada di level Rp41.724 per kilogram.
 
Sementara menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), rata-rata harga bawang putih hari ini sebesar Rp42.600 per kilogram (kg).
 
Adapun untuk mengatasi kenaikan harga bawang putih, pemerintah sempat akan menugaskan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan impor. Namun hal tersebut menuai polemik lantaran Bulog tidak diberi kewajiban menanam sebelum mengimpor.
 
Adapun kebijakan menanam bawang sebesar 5 persen dari jumlah impor tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 16 Tahun 2017 sebagai pengganti dari Permentan Nomor 86 Tahun 2013. Hal ini guna meningkatkan produksi dalam negeri yang selama ini masih tergolong rendah atau sekitar 95 persen dipasok dari impor.
 
Bawang putih, dalam catatan Kementerian Perdagangan, menjadi salah satu bahan pangan yang dijaga stabilitas harganya karena memberi kontribusi inflasi pada Februari 2019.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif