Jokowi Puji Upaya BI Stabilkan Rupiah
Presiden Jokowi -- Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Presiden Jokowi Widodo memuji upaya Bank Indonesia (BI) dalam menstabilkan nilai tukar rupiah yang sempat bergerak liar melewati level Rp15.000 per USD. Pujian tersebut disampaikan Jokowi dalam acara pertemuan tahunan BI. 

Jokowi mengatakan BI telah membela kurs rupiah melalui intervensi pasar. Langkah tersebut telah memberikan hasil terbaik berupa penguatan rupiah dalam beberapa pekan terakhir hingga menginjak Rp14.500-an per USD.

"Kita sadar betapa beratnya pertempuran dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan. Dan alhamdulillah dalam dua hingga tiga minggu terakhir rupiah menguat," kata Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2018.

Jokowi juga memuji otoritas moneter yang berani menaikkan suku bunga beberapa waktu lalu menjadi enam persen. Dia bilang kenaikan tersebut mengejutkan pasar keuangan meski akhirnya disambut positif hingga terefleksikan pada pergerakan kurs.

Jokowi menjelaskan kejutan itu terjadi lantaran dari 31 ekonom yang disurvei hanya tiga orang yang memprediksi BI akan menaikkan tingkat bunga. Artinya, sebagian besar memperkirakan BI akan mempertahankan suku bunga.

"Baru saja kita lihat 15 November, Gubernur BI dan jajarannya memberikan kejutan kepada pasar. Pasar amat kaget, tapi tetap disambut positif oleh pasar. Ini menunjukkan ketegasan BI. Taring BI keluar. Keberanian ini yang kita butuhkan di saat menghdapi ekonomi dunia yang penuh ketidakpastian," jelas mantan gubernur DKI Jakarta ini.





(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id