Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin

Utang Jatuh Tempo, Garuda Bakal Sewa Konsultan

Ekonomi bumn Garuda Indonesia
Husen Miftahudin • 24 Januari 2020 21:04
Jakarta: PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bakal menyewa konsultan dan negosiator swasta untuk mencari utang baru demi membayar utang perusahaan yang bakal jatuh tempo. Langkah menyewa konsultan di luar perseroan tersebut diharap mampu menegosiasi utang baru demi mendapatkan harga yang sesuai.
 
"Kalau seperti ini kita mungkin perlu negosiator yang kuat di luar Garuda untuk memastikan bahwa kita mendapatkan harga yang lebih bagus yang kemudian bisa menekan biaya kita untuk kita memungkinkan profitability," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam konferensi pers di Gedung Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Januari 2020.
 
Berdasarkan catatan Ombudsman RI, Garuda memiliki utang sebanyak USD500 juta atau setara Rp7 triliun (kurs Rp14 ribu per USD). Utang perusahaan penerbangan pelat merah tersebut bakal jatuh tempo pada Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Irfan mengakui pengurangan utang perusahaan merupakan fokus utamanya sebagai nakhoda anyar Garuda. Selain menyewa konsultan dan negosiator swasta, Irfan juga bakal melakukan efisiensi dengan menekan biaya sewa armada penerbangan atau leasing.
 
"Karena kalau dilihat struktur biaya leasing itu biayanya besar sekali selain di avtur. Kalau bisa menekan biaya leasing, profit kita bisa naik, profit kita ini akan bisa kita pakai untuk mengurangi utang," paparnya.
 
Meski begitu, dia memastikan langkah dan upaya pengurangan utang perusahaan tidak akan mengurangi perhatiannya terhadap kualitas layanan dan keamanan penerbangan Garuda. Dengan tegas Irfan memberi jaminan terhadap hal tersebut.
 
"Saya yang akan memberi jaminan kepada semuanya bahwa itu enggak akan impact kepada safety procedure," pungkas Irfan.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif