Ilustrasi gedung Kementerian BUMN. FOTO: dok Kementerian BUMN
Ilustrasi gedung Kementerian BUMN. FOTO: dok Kementerian BUMN

Wamen BUMN Bantu Menteri Realisasikan Super Holding

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf beasiswa osc kementerian bumn
Annisa ayu artanti • 28 Oktober 2019 18:06
Jakarta: Ekonom Unika Atma Jaya Agustinus Prasetyantoko menilai penunjukan dan penugasan 12 orang sebagai wakil menteri kabinet Indonesia Maju sudah sesuai porsi. Meskipun ada satu pos kementerian yang memiliki dua wakil menteri (wamen).
 
Prasetyantoko menyebutkan kementerian tersebut adalah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurutnya, keberadaan Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo sebagai wamen diproyeksikan untuk membantu Menteri BUMN Erick Thohir mewujudkan super holding di masa mendatang.
 
"Tiko dugaan saya diorientasikan nantinya memimpin holding dibidang keuangan dan perbankan. Sementara Budi arahannya dia untuk energi pertambangan," kata Prasetyantoko kepada Medcom.id di Gedung Yustinus Unika Atma Jaya, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan, di antara 16 wacana holding yang akan dibentuk Kementerian BUMN, terdapat dua holding besar, yaitu sektor energi tambang dan perbankan. Ia menilai dua wamen tersebut tepat diangkat untuk fokus dalam mengelola dua holding terbesar itu.
 
"Jadi untuk sektor energi dan keuangan. Ini dua sektor yang gemuk sekali, secara keuangan asetnya besar. Sehingga harus dipimpin oleh orang kompeten dan profesional. Dua orang itu menurut saya akan diproyeksikan ke sana," tukas dia.
 
Namun sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir juga telah memastikan keberadaan jabatan dua wamen di kementeriannya tidak akan saling tumpang tindih. Begitu juga dengan posisi tujuh deputi yang ada Kementerian BUMN saat ini.
 
Erick menjelaskan tugas para wamen akan berbeda dengan tugas para deputi di BUMN yang juga banyak jumlahnya. Ia menuturkan nantinya akan ada tugas baru bagai wamen sehingga tidak akan menggambil kewenangan yang harus dikerjakan oleh para deputi.
 
"Kita duduk juga dengan para deputi, ada tugas yang baru," kata Erick beberapa waktu lalu.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif