Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/RAMDANI
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/RAMDANI

Dua Wamen BUMN Dipastikan Takkan Tumpang Tindih

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf kementerian bumn
Suci Sedya Utami • 26 Oktober 2019 10:14
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan keberadaan jabatan dua wakil menteri (wamen) di Kementerian BUMN tidak akan saling tumpang tindih. Saat ini, posisi wamen dijabat oleh Budi Gunadi Sadikin mantan Direktur MIND ID atau Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan Kartika Wirjoatmodjo mantan Direktur Utama Bank Mandiri.
 
Jika dirinci lebih lanjut, Kementerian BUMN juga memiliki sekretaris kementerian (sesmen) dan tujuh deputi. Erick menjelaskan tugas para wamen akan berbeda dengan tugas para deputi di BUMN yang banyak jumlahnya.
 
Ia mengatakan nantinya ada tugas baru bagai wamen sehingga tidak menggambil kewenangan yang harus dikerjakan oleh para deputi. "Kita duduk juga dengan para deputi, ada tugas jobdesk yang baru," kata Erick, di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, ia berjanji untuk tidak melakukan perombakan direksi sesering dan secepat seperti masa kepemimpinan menteri sebelumnya, Rini Soemarno. Erick mengatakan selama direksi tersebut mampu mengemban tugas dan mencapai target maka akan dipertahankan.
 
"Enggak (bakal rombak), saya kan sudah sampaikan selama itu profesional dan bottom line-nya tercapai target," tutur dia.
 
Namun yang pasti, dia akan membedakan mana BUMN yang memang dituntut untuk meraup keuntungan dan BUMN yang ditugaskan untuk mendorong pembangunan. Oleh karenanya penilaian pada direksi di setiap BUMN tentu tak akan dipukul rata.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif