Illustrasi. MI/Yuniar.
Illustrasi. MI/Yuniar.

Penumpang Tetap Boleh Swafoto di Pesawat Garuda

Ekonomi garuda indonesia
Suci Sedyautami • 17 Juli 2019 20:36
Jakarta: Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memastikan penumpang tetap dapat mengambil gambar melalui kamera seperti swafoto atau selfie di dalam pesawat. Namun penumpang diimbau untuk tetap menjaga kenyamanan dan privasi penumpang lainnya.
 
Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan menjelaskan hal tersebut untuk meluruskan informasi yang beredar di masyarakat perihal adanya larangan pengambilan gambar di dalam pesawat yang viral.
 
Selain itu imbauan yang diberikan juga telah melalui proses dan pertimbangan yang matang, terutama terkait masukan dan komplain dari para penumpang dan awak pesawat. Ikhsan meluruskan aturan tersebut tidak bermaksud untuk membatasi keperluan penumpang untuk mengambil gambar di pesawat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penumpang tetap dapat mengambil gambar di pesawat baik itu swafoto dan aktivitas pengambilan gambar lainnya selama memperhatikan dan tidak mengganggu kenyamanan dan privasi penumpang lainnya," kata Ikhsan pada Medcom.id, Rabu, 17 Juli 2019.
 
Ikhsan menjelaskan kebijakan terkait pengambilan gambar di pesawat merupakan aturan yang lumrah ditemui di sejumlah maskapai penerbangan global. Hal tersebut ditujukan untuk menjamin kenyamanan dan aspek privasi penumpang maupun tata kelola keselamatan penerbangan agar tetap terjaga.
 
Garuda Indonesia pernah buka suara mengenai larangan pengambilan gambar di dalam pesawat. Ikhsan bilang pelarangan pengambilan gambar tersebut bertujuan untuk menghomati privasi penumpang lain dan awak pesawat yang sedang bertugas.
 
"Garuda Indonesia telah menyempurnakan surat edaran dimaksud yang berisi imbauan agar penumpang menghormati privasi penumpang lain dan awak pesawat yang sedang bertugas," kata Ikhsan.
 
Ikhsan menjelaskan pelarangan tersebut akhirnya dikeluarkan untuk memastikan seluruh operasi penerbangan Garuda Indonesia sesuai dengan aturan dan perundangan-undangan yang berlaku termasuk UU Penerbangan dan UU ITE, dan UU terkait lainnya.
 
"Garuda Indonesia berkomitmen untuk menjaga privasi seluruh penumpang dan awak pesawat," ujar dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif