Asuransi Jiwasyara. Foto : MI/Ramdani.
Asuransi Jiwasyara. Foto : MI/Ramdani.

Pengamat Ragukan Langkah BUMN Selamatkan Jiwasraya

Ekonomi Jiwasraya
Eko Nordiansyah • 28 Januari 2020 19:57
Jakarta: Pengamat Asuransi Hotbonar Sinaga mempertanyakan skema yang sebenarnya akan dilakukan oleh Kementerian BUMN untuk menyelematkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Menurutnya, langkah yang disiapkan oleh Kementerian BUMN belum bisa menyelamatkan Jiwasraya dalam waktu dekat.
 
Hotbonar menyatakan kerja sama anak usaha PT Jiwasraya Putra dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pegadaian, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), dan PT Kereta Api Indonesia tidak akan menghasilkan pada jangka pendek. Apalagi yang dijual melalui kerja sama ini merupakan asuransi ritel.
 
"Mereka mau jualan asuransi, tapi saya bilang asuransi yang lewat Pegadaian, KAI, BTN, Telkomsel itu jualannya jualan ritel. Menghasilkan angka triliunan barangkali 10 sampai 20 tahun, tidak bisa jangka pendek," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya ragu dengan aksi Kementerian BUMN yang bakal menjual anak usaha Jiwasraya kepada empat investor tersebut. Sayangnya kondisi Jiwasraya yang sedang dalam masalah dinilai akan menyulitkan pemerintah menjual langsung ke pasar.
 
"Itu yang tidak jelas. Apakah mau jualan asuransi untuk empat customer atau sahamnya Jiwasraya Putra. Kalau pun bisa dijual, IPO, nanti bisa-bisa tidak laku karena cikal bakal si induk yang sedang bermasalah," jelasnya.
 
Sementara untuk jangka pendek, holding BUMN asuransi bisa melakukan pinjaman ke lembaga luar negeri. Dari pinjaman tersebut bisa disalurkan langsung ke Jiwasraya melalui holding asuransi yang dipimpin oleh PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero).
 
"Nanti dia minta pinjaman subordinasi. Pinjaman subordinasi itu Jiwasraya pinjam dari holding sebagai pemegang saham, tanpa bunga dan tidak boleh ditarik kembali oleh holding, tidak boleh dibayar sebelum Jiwasraya sehat," pungkas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif