BI Kediri Gelar Klinik Bisnis UMKM
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)
Kediri: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri, Jawa Timur (Jatim), menggelar kegiatan klinik bisnis UMKM dan keuangan inklusi dengan melibatkan sejumlah perajin di wilayah Mataraman. Kegiatan ini diharapkan berkontribusi positif terhadap bisnis UMKM di masa-masa mendatang.

"Kegiatan ini untuk mengangkat kelas perajin batik, tenun, dan kerajinan lainnya untuk ke depan bisa menembus pasar. Ada beragam pelatihan pemasaran, foto produk, juga ada berbagi pengalaman UMKM yang berhasil," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Kediri Djoko Raharto, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 28 April 2018.

Ia mengatakan acara ini diikuti perajin dari 13 kabupatan dan kota yang ada di Mataraman atau di bawah Bank Indonesia Kediri. Selain edukasi, juga ada berbagi pengalaman dengan lembaga keuangan sehingga diharapkan bisa sebagai solusi untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka.

Djoko berharap para perajin peka dengan tidak hanya berkutat secara konvensional tapi juga mau mengikuti perkembangan. Mereka bisa mendapatkan banyak informasi serta peluang ataupun jaringan dalam kegiatan ini.

Kepala Dinas Perdangan dan Perindustrian Kota Kediri Yetti Sisworini menambahkan kegiatan ini berdampak positif bagi para pengusaha. Terlebih lagi, dalam acara ini juga sekaligus mendatangkan desainer dari Jakarta yakni Oscar Lawalata, sehingga bisa mendukung para perajin agar selalu berkreasi.

"Ini sangat bermutu sekali, apalagi BI datangkan desainer dari Jakarta, sehingga bisa memicu kreasi UMKM, menggerakkan desainnya terutama motif batiknya. Jadi, hal seperti ini, membantu," pungkasnya.

 



(ABD)