BCA Dukung Respons Cepat BI dengan RDG Tambahan

Eko Nordiansyah 29 Mei 2018 10:08 WIB
bcabank indonesia
BCA Dukung Respons Cepat BI dengan RDG Tambahan
Ilustrasi. (Foto: Antara/Eric Ireng).
Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung langkah Bank Indonesia (BI) yang akan menggelar rapat dewan gubernur (RDG) tambahan. Rencananya RDG tambahan akan digelar Rabu, 30 Mei 2018.

"Ya sering-sering rapat bagus lah," kata Direktur BCA Suwignyo Budiman ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Senin malam, 28 Mei 2018.

Dirinya menjelaskan perkembangan ekonomi global saat ini begitu dinamis dan cepat berubah. Untuk itu dibutuhkan respons yang cepat pula oleh pengambil kebijakan, tak terkecuali oleh BI selaku otoritas moneter.

"Sekarang kan semua berubahnya cepat, perubahan ekonomi kan cepat. Jadi kalau rapatnya terlalu lama, nanti belum direspons. Kalau meeting diperbanyak, saya kira bisa lebih cepat merespons," jelas dia.

Sebelumnya, BI menyebut RDG tambahan tidak menggantikan RDG Bulanan reguler yang tetap sesuai jadwal. RDG tambahan dimaksudkan membahas kondisi ekonomi dan moneter terkini serta prospek ke depan.

Padahal BI telah melaksanakan RDG Bulanan pada 16-17 Mei lalu. Dalam rapat tersebut BI menetapkan kenaikan suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,50 persen.

Meski begitu, Suwignyo memperkirakan BI tidak akan langsung menaikkan suku bunga pada RDG tambahan. Apalagi bank sentral baru saja menaikkan suku bunga acuan.

 



(AHL)