Ketua DPR: Anggaran Pendidikan Belum Terserap Maksimal

Anggi Tondi Martaon 20 September 2018 13:14 WIB
berita dpr
Ketua DPR: Anggaran Pendidikan Belum Terserap Maksimal
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo - - Foto: MI/ Rommy Pujianto
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut dana pendidikan yang dialokasikan sebanyak 20 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) belum terserap maksimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pasalnya, pemerintah sudah menyalurkan sebesar Rp444,131 triliun dari total Rp2.220 triliun anggaran pendidikan.

"DPR RI sudah menjalankan fungsinya di bidang budgeting dengan mengalokasikan 20 persen APBN untuk sektor pendidikan sesuai amanah UUD 1945. Tinggal bagaimana pemerintah memaksimalkan pengelolaannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis 20 September 2018.

Menurutnya, anggaran tersebut belum terserap sepenuhnya untuk sektor pendidikan formal. Dengan kata lain, dana pendidikan masih terbagi ke berbagai kementerian/ lembaga untuk dimanfaatkan dalam bidang pendidikan dan latihan.

"Kita berharap dengan semakin sehat dan besarnya pendapatan negara, kelak 20 persen APBN bisa benar-benar dimanfaatkan sepenuhnya untuk sektor pendidikan formal," ungkap dia.

Ia pun berharap, dengan manajemen pengelolaan anggaran yang tepat, maka berbagai permasalahan pendidikan seperti rendahnya mutu pendidikan, tingginya jumlah guru honorer, kurangnya sarana dan prasarana pendidikan hingga minimnya jumlah tenaga pendidik di daerah pelosok dapat teratasi.

Terkait keberadaan tenaga pendidik honorer, DPR RI sudah melakukan rapat gabungan dengan berbagai kementerian dan lembaga agar status 438.580 tenaga honorer menjadi lebih jelas.

"Kita berikan solusi, pemerintah bisa memilih seluruh tenaga honorer tersebut diangkat menjadi PNS atau sebagiannya dijadikan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Mendikbud sudah berjanji 100 ribu tenaga honorer pada tahun ini akan diangkat menjadi PNS. Sisanya akan segera kita cari jalan keluarnya," pungkas dia.


 



(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id