Mendag Agus Suparmanto. MI/Susanto.
Mendag Agus Suparmanto. MI/Susanto.

Agus Belum Putuskan Perlu Wakil Mendag

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf suap di kemendag
Ilham wibowo • 24 Oktober 2019 19:15
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto belum memutuskan adanya bantuan wakil menteri (wamen). Dia mengatakan, prioritas kerja hingga akhir 2019 telah dipetakan.
 
"Bicara soal wamen kita bicara dulu dengan kelembagaan, karena ada yang mengatur, bukan saya putuskan sendiri," kata Agus di kompleks perkantoran Kemendag Jakarta Pusat, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Agus mengaku bakal terlebih dahulu membahas apakah kehadiran wamen merupakan kebutuhan yang harus ada di Kemendag. Selama ini, pengembangan sektor perdagangan dalam negeri maupun negosiasi perdagangan internasional masih bisa dipimpin satu orang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tidak bisa mendahului kalau aturan belum keluar," ujarnya.
 
Agenda padat telah menanti Agus mulai awal November 2019 seperti membahas finalisasi Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional atau Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di Bangkok. Beberapa pertemuan tingkat menteri internasional di luar negeri juga berlanjut secara beruntun.
 
Agus memastikan bakal menyesuaikan agenda yang memerlukan dirinya hadir secara langsung. Penyelesaian isu perdagangan di dalam negeri juga butuh peran yang maksimal.
 
"Saya akan laksanakan itu dengan catatan azas prioritas. Pada prinsipnya tetap akan laksanakan walaupun padat sekali," ungkapnya.
 
Ia yakin jajaran Kemendag sudah paham tugas pokoknya terkait menjaga stabilitas harga pangan di dalam negeri. Penyederhanaan regulasi yang menghambat produk lokal untuk ekspor juga kini telah dipercepat.
 
"Kalau aturan dalam negri saya akan pangkas setiap peraturan yang hambat ekspor karena halangi kita juga mendapatkan neraca yang positif. Stabilitas harga selama ini sudah stabil, kita akan pangkas itu dalam artian penyederhanaan," tuturnya.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif