Ilustrasi Bank Mandiri. Foto : MI/RAMDANI.
Ilustrasi Bank Mandiri. Foto : MI/RAMDANI.

Bank Mandiri: Ada Investor Berniat Ambil Aset Duniatex

Ekonomi bank mandiri
Annisa ayu artanti • 09 Desember 2019 20:28
Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk mengungkapkan perusahaan tekstil Duniatex masih memiliki utang kepada perseroan sebesar Rp1,8 triliun dari nilai utang pokoknya senilai Rp5,5 triliun. Utang itu akan terlunasi karena ada investor yang berniat ambil aset Duniatex.
 
"Awal Januari masuk kolektabilitas 4, Februari masuk kolektabilitas 5. Sudah ada investor untuk mengambil aset Duniatex, tapi tak bisa diungkap ke publik sampai mana," kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.
 
Rohan juga menuturkan nilai total aset Duniatex yang dipegang oleh Bank Mandiri berjumlah 100 persen atau lebih dari Rp1,8 triliun. Pada Agustus lalu, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan menyampaikan, coverage ratio Bank Mandiri pada agunan Duniatex berada pada level 160 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu di tempat yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri yang baru, Royke Tumilaar, mengatakan Mandiri berupaya melakukan restrukturisasi kredit macet Duniatex. Bank Mandiri berencana akan menjual aset yang dijaminkan oleh Duniatex.
 
"Mandiri dengan segala cara berusaha untuk mendapatkan recovery dari penjualan aset. Kami akan dorong untuk penjualan aset, supaya kami bisa mendapat recovery sebaik-baiknya," ucap Royke.
 
Dengan upaya itu, menurut Royke, Bank Mandiri optimistis dapat menjaga rasio kredit macet atau non-performing loan (NPL) mereka di kisaran 2,53 persen hingga akhir 2019. Hingga kuartal III-2019 ini, NPL bank Mandiri turun dari 3,01 persen secara tahunan menjadi 2,53 persen.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif