Direktur Utama Lembaga Management Fakultas Ekonomi Bisnis (LM-FEB) Universitas Indonesia Toto Pranoto. Foto; Medcom.id/Suci Sedya.
Direktur Utama Lembaga Management Fakultas Ekonomi Bisnis (LM-FEB) Universitas Indonesia Toto Pranoto. Foto; Medcom.id/Suci Sedya.

Garuda Harus Segera Perbaiki Reputasi

Ekonomi Garuda Indonesia
Suci Sedya Utami • 10 Desember 2019 13:16
Jakarta: Direktur Utama Lembaga Management Fakultas Ekonomi Bisnis (LM-FEB) Universitas Indonesia Toto Pranoto menyatakan banyak perbaikan yang harus dilakukan oleh PT Garuda Indonesia (Persero).
 
Dalam jangka pendek, kata Toto, Garuda harus segera membenahi citra perusahaan yang tercoreng pascakasus penyelundupan komponen motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton oleh mantan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara). Dia bilang reputasi Garuda harus segera diperbaiki lantaran maskapai pelat merah tersebut merupakan perusahaan terbuka.
 
"Kalau jangka pendek adalah mengembalikan reputasi karena Garuda itu perusahaan terbuka jadi perlu ada kepercayaan investor bahwa Garuda akan bergerak ke arah perbaikan," kata Toto ditemui di Novotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk jangka panjang, kata Toto, yang harus dilakukan yakni menyehatkan struktur keuangan yang sempat merugi selama hampir dua hingga tiga tahun ke belakang. Garuda harus membenahi pendapat serta biaya operasional agar lebih efisien.
 
Ia bilang memperbaiki sisi pendapatan tidak hanya mengandalkan sisi penerbangan komersial bagi penumpang. Tapi juga memanfaatkan jasa logistik. Toto juga menilai Garuda mesti melakukan restrukturisasi dari sisi biaya perawatan.
 
"Kalau misalnya jumlah pesawatnya bisa lebih simpel, biaya perawatan bisa lebih murah. Terkait dengan bahan bakar bisa enggak dia cari sumber yang lebih murah. Sehingga kalau ada perbaikan dari segi pendapatan, segi biaya mestinya angka bottom line-nya bisa lebih naik," jelas Toto.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif