Monumen Selamat Datang di Jakarta (Foto:Shutterstock)
Monumen Selamat Datang di Jakarta (Foto:Shutterstock)

Pemindahan Ibu Kota akan Bangkitkan Sentra Ekonomi Baru

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 16 Mei 2019 22:04
Jakarta: Pemerintah tengah mengkaji rencana memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Wacana itu disambut baik oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
 
Pria yang akrab disapa Bamsoet itu memuji rencana pemindahan ibu kota saat menjadi keynote speaker Forum IndoSterling dengan tema Memprediksi Iklim Investasi Indonesia Paska Pilpres di Ruang Abdul Muis Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
"Gagasan untuk memindahkan ibu kota ke luar Jawa adalah gagasan yang sangat tepat," kata Bamsoet.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu menilai pemindahan ibu kota akan menggairahkan sentra ekonomi baru di Indonesia. Selama ini, ekonomi hanya terpusat di Jawa, khususnya Jakarta. "Nanti bisa pindah ke tempat lain," katanya.
 
Pemindahan ibu kota juga diprediksi akan berdampak positif terhadap iklim investasi di Indonesia. Bamsoet bilang, pihak swasta bisa dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur yang diperkirakan menelan biaya hingga Rp400-an triliun itu.
 
"Ini juga akan membuat gairah ekonomi lebih kencang lagi. Dengan membangun ibu kota baru, ini akan menggairhakan sentra ekonomi baru selain Jakarta," ujar Bamsoet.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif