Penyaluran KUR Capai Rp100 Triliun
Rupiah. MI/RAMDANI.
Manado: Kemenko Perekonomian mencatat realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) hingga kuartal III-2018 mencapai Rp100 triliun. Serapan tersebut sebesar 81 persen dari target penyaluran tahun ini sebesar Rp123,631 triliun.

Plafon tersebut disalurkan ke berbagai sektor-sektor produktif, seperti pertanian, perburuan, dan kehutanan, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, konstruksi, dan jasa-jasa.

Deputi bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir memaparkan realisasi tersebut meliputi KUR Mikro 63,6 persen, KUR Kecil 36 persen dan KUR TKI 0,4 persen. Adapun rasio kredit macet (nonperforming loan/NPL) KUR bisa dijaga di level 0,11 persen. Selain itu penyaluran tersebut diklaim merata di semua wilayah di Indonesia.

"Saat ini, penyaluran KUR di Pulau Jawa mencapai 54,9 persen, diikuti oleh Pulau Sumatera (19,3 persen), Pulau Sulawesi (11 persen), Pulau Bali dan Nusa Tenggara (6,9 persen), Pulau Kalimantan (6 persen), dan Pulau Maluku dan Papua (1,9 persen)," kata Iskandar dalam keterangan tertulis, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Realisasi tersebut diharapkan dapat terus dioptimalkan agar berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya pemerintah terus membenahi program KUR guna memujudkan kesejahteraan ekonomi nasional.

"Program KUR ini terus dibenahi, tidak hanya untuk memperluas akses pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah, tapi sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja," jelas Iskandar.

Sejak 1 Januari 2018 pemerintah memperluas cakupan KUR bagi masyarakat yang diatur dalam Peraturan Menko Perekonomian Nomor 11 Tahun 2017. Kebijakan anyar itu mengatur suku bunga KUR sebesar tujuh persen per tahun dan skema subsidi yang bervariasi  yakni sekitar 5,5 persen hingga 14 persen.

Selain itu pemerintah juga mengembangkan program KUR Pariwisata untuk mendorong kinerja sektor pariwisata yang mendominasi 50 persen dari total ekspor jasa Indonesia. KUR Pariwisata dikembangkan di 10 lokasi Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) dan 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) untuk 12 bidang usaha.

 



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id