Illustrasi. Dok:AFP.
Illustrasi. Dok:AFP.

Pemerintah Kebut Implementasi BUMN QR Code

Ekonomi bumn
Husen Miftahudin • 21 Januari 2019 18:36
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang mempercepat implementasi pembentukan perusahaan finansial berbasis teknologi dengan layanan teknologi pemindaian kode respon cepat atau QR Code. Pembentukan sistem pembayaran tersebut merupakan misi beberapa perusahaan pelat merah.
 
Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengakui rencana pembentukan entitas baru itu masih belum final. Namun, dia mengharapkan BUMN QR Code akan tuntas pada bulan depan.
 
"Belum final, masih semi final. Insya Allah (bulan depan sudah terbentuk)," ujar Gatot ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat, Senin, 21 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di tempat yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng mengaku belum menerima permohonan izin rencana enam perusahaan BUMN untuk mengadopsi sistem pembayaran berbasis QR Code.
 
Sugeng tak mempermasalahkan rencana enam perusahaan negara itu. Namun dia berharap BUMN QR Code sejalan dengan standardisasi sistem pembayaran QR Code yang akan diluncurkan bank sentral.
 
"Prinsipnya sih enggak masalah, asal nanti standarnya harus disesuaikan dengan standar kita," beber dia.
 
Sugeng mengaku pihaknya masih mengebut standardisasi sistem pembayaran QR Code. "Kita masih ngebut," pungkas Sugeng singkat.
 
Sebelumnya, Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo menyebut enam perusahaan pelat merah punya rencana untuk berkolaborasi membentuk BUMN QR Code.
 
Keenam perusahaan itu yakni bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri plus PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Pertamina (Persero). Kata Tiko, panggilan akrabnya, menjelaskan sistem pembayaran itu sudah disepakati dan tengah dimatangkan. Rencananya BUMN QR Code akan diluncurkan pada kuartal I-2019.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif