Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/PPN (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (FOTO: Media Indonesia)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/PPN (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (FOTO: Media Indonesia)

Menteri Bappenas Dorong Fortifikasi Pangan

Ekonomi pangan bappenas
Nia Deviyana • 19 Februari 2019 18:17
Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/PPN (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mendukung fortifikasi pangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
 
Bambang mengemukakan perekonomian Indonesia cukup baik dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang berada pada level 5,17 persen pada tahun lalu, tingkat kemiskinan terus menurun menjadi 96,6 persen, angka pengangguran yang menurun menjadi 5,34 persen, diikuti angka ketimpangan sosial yang juga berkurang.
 
Dengan fortifikasi pangan yang merupakan salah satu bentuk intervensi pemerintah untuk mencegah stunting, diharapkan ada peningkatan pada kualitas SDM sehingga target perekonomian dapat tercapai.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya penurunan stunting akan menciptakan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan, pengangguran, serta ketimpangan," kata Bambang saat mengisi diskusi di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Februari 2019.
 
Bambang menuturkan fortifikasi pangan juga terbukti cost-effective dengan Return of Investment (RoI) yang menjanjikan dan biaya relatif lebih rendah. Adapun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperbolehkan pejabat daerah menggunakan anggaran dana desa untuk memanfaatkan anggaran demi kesejahteraan rakyat, salah satunya untuk upaya mencegah stunting.
 
Pada 2019, pemerintah pusat mengalokasikan dana transfer ke daerah dan dana desa yang lebih besar yaitu sebesar Rp826,8 triliun, meningkat dibandingkan 2018 sebesar Rp763,6 triliun.
 
Dari jumlah tersebut, sebesar Rp756,8 triliun merupakan transfer ke daerah yang meliputi Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan yang lainnya. Sementara Rp70 triliun merupakan dana desa.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif